Kamis, 26 Juli 2012

Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes

Untuk dapat sembuh sebenarnya banyak hal-hal yang wajib dilakukan penderita diabetes. Ini berarti bahwa sembuh merupakan sesuatu yang dapat diraih oleh penderita diabetes, lebih dari itu hal pencegahan dapat menurunkan resiko terjadinya komplikasi diabetes yang berujung pada timbulnya penyakit kronis lain seperti serangan jantung, stroke, rusaknya sistem saraf, kerusakan ginjal, kehilangan penglihatan dan lainya.
Apa Saja Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes?
Berikut Beberapa hal yang harus dilakukan oleh mereka yang terkena diabetes agar tetap dapat hidup sehat berdampingan dengan penyakit mereka:

Diet

Hal pertama yang dilakukan penderita diabetes adalah melakukan diet, dalam hal ini ada 4 hal yang harus dicermati. Pertama, kurangi konsumsi nasi, karena nasi kaya akan karbohidrat dan gula. Gantilah nasi dengan makanan yang mengandung karbohidrat serat, seperti beras merah, sayuran segar, dan makanan sejenisnya. Kedua, konsumsilah protein rendah lemak, seperti susu rendah lemak. Kurangi konsumsi daging yang mengandung kolesterol tinggi. Ketiga, hindarilah makanan yang mengandung kadar garam tinggi dan makanan kalengan. Keempat, untuk menurunkan kandungan lemak dalam darah, perbanyak kadar bawang putih dan bawang merah dalam resep masakan anda.

Olahraga

Selain melakukan diet, penderita diabetes wajib melakukan olahraga. Untuk penderita diabetes ringan dapat melakukan jogging atau berlari dengan santai selama 30 menit. Hal ini wajib dilakukan 5 kali dalam satu minggu. Sedangkan untuk penderita diabetes akut, yang harus mereka lakukan adalah jalan kaki lurus dilakukan bolak-balik maju-mundur, berjinjit, atau boleh mencoba alternatif lain yaitu dengan berdiri dengan 1 kaki, ditahan selama 30 detik. Dapat dilakukan bergantian antar kaki.

Mengkonsumsi Suplemen

Ada tiga jenis suplemen yang wajib dikonsumsi penderita diabetes, yaitu suplemen yang mengandung seng, magnesium, dan proxeronin. Masing-masing zat ini memiliki peran yang penting untuk menunjang proses penyembuhan diabetes. Proxeronin merupakan zat yang paling ampuh menurunkan kadar gula dalam darah karena dapat memperbaiki sel dalam pankrease, yang dinamakan sel beta pancreas. Sedangkan magnesium dan seng dapat memperbaiki dan menambah sel darah merah yang sehat.
Inilah beberapa hal yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes. Jika anda memiliki komitmen yang tinggi untuk sembuh, melakukan hal tersebut bukanlah hal yang sulit. Hal ini juga memerlukan dukungan dari keluarga, salah satunya dengan membantu mempersiapkan makanan untuk diet dan memberi semangat untuk berolahraga rutin. Mulailah dari sekarang untuk menjalani Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan Penderita Diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More