RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Di Susun Oleh :
Nama : Padlan
NIM : 0905015172
Prodi : Pendidikan Biologi
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS MULAWARMAN
SAMARINDA
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Pokok Bahasan : Pengelolaan Lingkungan
Sub Pokok Bahasan : Mengatasi Pencemaran dan kerusakan lingkungan
Pertemuan ke : 8
Kelas/Semester : X/II
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Tahun Pembelajaran : 2011/2012
I. Standar Kompetensi
Mengidentifikasi komponen ekosistem dan saling ketergantungan antar komponen, serta melakukan upaya pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan dan melaporkan dalam bentuk karya tulis, laporan pengamatan/ percobaan.
III. Indikator
1. Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan, pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan
2. Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara, suara dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia
3. Mengusulkan upaya penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan konsekuensi penebangan hutan, pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan setelah melakukan pengamatan dan diskusi kelompok
2. Siswa mampu menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara, suara dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia setelah melakukan pengamatan dan diskusi kelompok
3. Siswa dapat mengusulkan upaya penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan setelah melakukan pengamatan dan diskusi kelompok
V. Materi Pembelajaran
|
VI. Strategi Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
CIRC (Cooperated Integrated Reading and Compisition)
2. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, presentasi
VII. Skenario Pembelajaran
No | Kegiatan | |
Guru | Peserta didik | |
1 | Kegiatan Awal · Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan 2 gambar, 1 tanah longsor dan 2 banjir, kemudian mengajukan pertanyaan ” Gambar apa ini ? · Melanjutkan pertanyaan ”mengapa gambar ke 1 bisa terjadi begitu juga dengan gambar ke 2 ? · Melanjutkan pertanyaan ”Dapatkah hal-hal seperti di gambar ini dicegah/ supaya tidak terjadi? | · Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” ke-1 gambar tanah longsor, ke-2 gambar banjir · Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” Tanah longsor karena hutannya gundul demikian juga banjir bisa disebabkan oleh hutan yang gundul dan tumpukan sampah disungai. · Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab” bisa, tidak menebang hutan sembarangan dan tidak membuang sampah kesungai |
2 | Kegiatan Inti · Membagi peserta didik menjadi 4 kelompok (terdiri dari 4-5 orang) · Masing-masing kelompok diberi tugas membaca dan merangkum materi tentang pencemaran tanah, air, udara dan suara. Kelompok 1 dan 2 merangkum tentang penc tanah dan air. Kelompok 3 dan 4 merangkum tentang pencemaran udara dan suara · Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas · Meminta peserta didik melakukan diskusi kelas (menjadi fasilitator) · Memberikan penguatan pada hasil diskusi (penguatan berupa konsep-konsep penting, dapat dilihat pada materi esensial) | · Membentuk kelompok sesuai pembagian · Bekerja dalam kelompok · Melaksanakan tugas guru · Meminta perwakilan kelompok untuk presentasi hasil rangkuman (misal kelompok 1 dan 4 yang presentasi) · Mencatat penguatan yang diberikan guru |
3 | Kegiatan Akhir § Guru membimbing siswa membuat kesimpulan yang mengacu pada indikator dan tujuan pembelajaran. · Melakukan evaluasi · Guru menutup kegiatan pembelajaran | · Mengerjakan evaluasi |
I. Media Pembelajaran
1. Alat : . LCD
II. Sumber Pembelajaran
Prawirohartono, Slamet. 2004. Sains Biologi. Bumi Aksara: Jakarta.
III. Evaluasi
Tes tertulis
1. Proses
NO | NAMA SISWA | ASPEK YANG DIAMATI | RATA-RATA | ||||||||||
KOGNITIF | AFEKTIF | PSIKOMOTOR | KOGNITIF | AFEKTIF | PSIKOMOTOR | ||||||||
KB | KM | KMP | KP | KBS | K | MT | D | MGA | | | | ||
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | |
a. Lembar observasi
Keterangan:
1) Kognitif:
KB : Kemampuan Bertanya dan Menjawab
KM : Kemampuan Menjawab
KMP : Kemampuan Mengungkapkan Pendapat
KP : Kemampuan Presentasi
2) Afektif
KBS : Kemampuan Bekerja Sama
K : Keseriusan
MT : Memotivasi teman dalam diskusi
D : Disiplin
KH : Kehati-hatian
3) Psikimotor
MGA : Menggunakan Alat
4) Nilai
Nilai (N) =
fe : Frekuensi Observasi
fo : Frekuensi Harapan
Catatan:
Kolom aspek penilaian diisi dengan angka yang sesuai.
1 = Sangat kurang
2 = Kurang
3 = Sedang
4 = Baik
5 = Amat baik
2. Produk
Soal Latihan :
1) Apa yang di masud dengan pencemaran ?
2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan?Jelaskan
3) Tuliskan dampak pencemaran lingkungan!minimal 5
4) Bagaiman cara penyebaran bahan pencemar (polutan)?
5) Tuliskan macam-macam pencemaran lingkungan! minimal 3
JAWABAN :
1. Yang di maksud dengan pencemaran adalah masuknya bahan ke dalam yang menimbulkan gangguan terhadap mahluk hidup di dalamnya.
(nilai 10)
2. Faktor yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan antara lain :
· Faktor alam yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan misalnya letusan gunung, gempa bumi, perubahan iklim, banjir, kekeringan, angin topan dan kebakaran hutan (Nilai 25)
· Faktor manusia yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungannya, semakin banyak sumber daya alam yang di ambil maka terjadilah perubahan lingkungan
3. Dampak pencemaran lingkungan yaitu punahnya spesies, peledakan hama ,gangguan keseimbangan lingkungan, kesuburan tanah berkurang, keracunan dan penyakit (Nilai 25)
4. Bahan pencemar (polutan) dapat tersebar mengikuti jaringan-jaringan makanan atau daur biokimia, dampaknya dapat di rasakan segera atau muncul setelah waktu lama (Nilai 20)
5. Macam-macam pencemaran lingkungan seperti: pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah (Nilai 20)
RUBRIK PENILAIAN
1. Apa yang di masud dengan pencemaran ?
Deskipsi | SKOR |
Jika lembar jawab kosong Jika bahasan salah dengan bahasa baik dan benar Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik dan benar/tidak Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa kurang baik Jika jawaban benar atau lengkap dengan bahasa baik dan benar ,yaitu yang di maksud dengan pencemaran adalah masuknya bahan kedalam lingkungan yang menimbulkan gangguan terhadap mahluk hidup di dalamnya. | 0 4 6 8 10 |
2. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan?Jelaskan
Deskriptor | SKOR |
Jika lembar jawaban kosong Jika jawaban salah dengan bahasa baik dan benar Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa bahasa baik dan benar/tidak Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa kurang baik Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa baik dan benar,yaitu faktor yang dapat menyebabkan perubahan lingkungan antara lain: - Faktor alam, yang menimbulkan kerusakan lingkungan, misalnya letusan gunung, gempa bumi, perubahan iklim, banjir, kekeringan, angin topan,dan kebakaran hutan. - Faktor manusia, yang memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungannya,semakin banyak sumber daya alam yang di ambil,maka terjadilah perubahan lingkungan | 0 10 15 20 25 |
3. Tuliskan dampak pencemaran lingkungan!minimal 5
Deskriptor | SKOR |
Jika lembar jawaban kosong Jika jawaban salah dengan bahasa baik dan benar Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik dan benar/tidak Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa kurang baik Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa baik dan benar, yaitu: Dampak pencemaran lingkungan antara lain - Punahnya spesies - Peledakan hama - Gangguan keseimbangan lingkungan - Kesuburan tanah berkurang - Keracunan dan penyakit | 0 10 15 20 25 |
4. Bagaiman cara penyebaran bahan pencemar (polutan)?
Deskriptor | SKOR |
Jika lembar jawaban kosong Jika jawaban salah dengan bahasa baik dan benar Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik dan benar/tidak Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa kurang baik Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa baik dan benar,yaitu Bahan pencemar (polutan) dapat tersebar mengikuti jaring-jaring makanan atau daur biogeokimia,dampaknya dapat segera di rasakan segera atau muncul setelah waktu lama. | 0 5 10 15 20 |
5. Tuliskan macam-macam pencemaran lingkungan! minimal 3
Deskriptor | SKOR |
Jika lembar jawaban kosong Jika jawaban salah dengan bahasa baik dan benar Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik dan benar/tidak Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa kurang baik Jika jawaban benar/lengkap dengan bahasa baik dan benar,yaitu Macam-macam pencemaran lingkungan seperti: Pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah. | 0 5 10 15 20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar